Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Ke Desa Suka Maju Kec. Geragai

Berkenaan dengan akan dilaksanakannya pemilihan langsung Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, guna terwujudnya pemilihan yang adi, jujur, bebas dan rahasia, Komisi ADPRD melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Suka Maju Kecamatan Geragai dari tanggal 12 s/d 13 Pebruari 2016. Komisi A DPRD Langsung dipimpin oleh Ketua Komisi A MARKABAN, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan kunjungan kerja ke Desa Suka Maju adalah untuk meninjau langsung kesiapan desa untuk menghadapi Pilkades Serentak.

Ketua Komisi A DPRD Markaban dan anggota sat dialog dengan Kepala Desa

                Adapun hasil peninjauan langsung Komisi A adalah 1. bahwa Dana Pilkades dianggarkan sebesar Rp. 25.000.000,-   2. Tahapan untuk pembentukan panitia yang dilaksanakan oleh BPD masih dalam tahap perencanaan 3. Untuk lokasi TPS yang akan digunakan direncanakan di satu tempat saja dan diperbanyak bilik suaranya agar mempermudah dalam pengawasan pemungutan suara. 4. Untuk mata pilih di desa suka maju sekitar 2000 orang dan 3 bakal calon kades. 5. Tata cara pemilihan Kepala Desa belum tersosialisasi dengan baik ketingkat bawah yang mengakibatkan ketidak tahuan masyarakat tentang Pilkades.

Anggota Komisi A DPRD saat berdialog dan melihat bio data Desa Suka Maju

                Markaban selaku Ketua Komisi A mengharapkan kepada Kepala Desa Suka Maju dan perangkatnya untuk segera melakukan sosialisasi kepada warganya agar pelaksanaan pilkades terwujud dngan lancar adil dan jujur serta diikuti seluruh warga masyarakat, dan juga Markaban mengharapkan kepada kepa desa untuk melakukan konsultasi dan koordinasi dengan instansi terkait dalam penyelenggaraan Pilkades. Mengakhir percakapanya dengan Kepala Desa dan perangkatnya Markaban dan anggota Komisi A DPRD menyarankan agar Desa Suka Maju untuk menentukan calon Kepala Desa harus mengacu kepada Perda dan syarat-syarat yang telah ditetapkan dan dalam penjaringan calon Pilkades panitia harus netral sehingga dapat menghindai kegaduhan pilkades  (red)  

Anggota Komisi A DPRD Efirizal, SH dan Ahmad Fadillah, SE saat dialog dengan aparat Desa

Foto bersama anggota DPRD setelah acara pelantikan PAW

SHARE :
@2016 DPRD TANJABTIM